Tuesday, August 23, 2011

Merubah SATA Mode Pada Notebook Acer

Cara ini memang mudah tapi semoga bermanfaat, cara ini digunakan untuk merubah settingan SATA mode pada hardisk notebook. Saat membicarakan SATA Controller maka kita tidak bisa lepas dari AHCI ( Advanced Host Controller Interface )  yang merupakan antar muka pemrograman yang  mendefinisikan operasi Serial ATA host bus adapter yang dikeluarkan oleh INTEL.
Merubah SATA Mode dari AHCI ke IDE pada bios hanya berlaku pada beberapa notebook seperti Acer, Axioo, Dell, dll, Sedangkan pada notebook Compaq perubahan sata mode menjadi IDE tidak bisa dilakukan di lakukan ntah kenapa tapi dengan mengaktifkan sata mode maka kemampuan hardisk akan lebih baik.
Untuk merubah SATA Mode dari AHCI ke IDE pada ntebook acer adalah seperti gambar di bawah ini. Tekan F2 untuk masuk BIOS Notebook ACER.
Sedangkan untuk notebook compaq anda bisa melakukan slipstreaming pada windows XP standart alias menambah kan driver SATA AHCI pada Installer Windows XP Standart ( caranya ada tuh di artikel sebelumnya he..he.he.. :-) )

0 comments: